Lifestyle

Populasi Badak Terbesar Di Dunia Turun Hingga 70 Persen Dalam Satu Dekade

Populasi Badak Terbesar Di Dunia Turun Hingga 70 Persen Dalam Satu Dekade - Ruang Kata
Populasi Badak Terbesar Di Dunia Turun Hingga 70 Persen Dalam Satu Dekade - Ruang Kata

RUANG KATA – Populasi Badak Terbesar Di Dunia Turun Hingga 70 Persen Dalam Satu Dekade.

Dikutip dari laman website Nationalgeographic Jumlah badak di taman tersebut telah turun sekitar 70 persen selama dekade terakhir, sebagian besar karena perburuan dan efeknya terhadap pembiakan dan kelangsungan hidup pedet, menurut penilaian baru dari Taman Nasional Afrika Selatan (SANparks), yang mengelola Kruger dan negara 18 taman utama lainnya.

Kruger sekarang menjadi rumah bagi kurang dari 4.000 badak, turun dari 10.000 pada tahun 2010. Populasinya terbagi antara 3.549 badak putih, yang merupakan pemakan rumput dengan bibir persegi, dan 268 badak hitam, yang memiliki bibir atas yang runcing yang membantu mereka memetik daun dan daun. buah dari pohon. Badak Kruger membentuk sekitar 30 persen dari perkiraan 18.000 badak liar di dunia.

“Kerugian ini sangat mengkhawatirkan, tetapi kami tahu bahwa mereka telah mengalami kematian yang lambat untuk sementara waktu — ini baru berita resmi,” kata Grant Fowlds, duta konservasi untuk Project Rhino, organisasi nirlaba Afrika Selatan.

Perburuan sapi badak sangat merusak karena setiap betina mungkin memiliki sebanyak 10 anak dalam hidupnya, dan anak sapi tanpa induknya sering mati, kata Michael Knight, ketua kelompok spesialis badak Afrika di Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam. (IUCN), yang menilai status hewan liar.

Cula badak dijual untuk digunakan dalam pengobatan tradisional atau untuk ukiran, terutama di Cina dan Vietnam, meskipun pasar juga ada di Amerika Serikat. Kruger, yang luasnya lebih dari 7.500 mil persegi, telah lama menjadi episentrum perburuan badak di Afrika Selatan, menurut layanan taman. Selatan.

Cara Baru Untuk Membantu Badak

Terlepas dari berita suram secara keseluruhan, teknologi pengawasan yang ditargetkan di taman (sering difokuskan pada penyelamatan betina usia kawin) dan beberapa penangkapan pemburu tingkat tinggi telah membantu. Menurut SANparks, perburuan turun 21,6 persen antara 2018 dan 2019 (dan perburuan gajah turun 43,8 persen).

Baca Juga :  5 Cara Agar Tenang dan Terkendali Saat Anak Tantrum

Untuk membantu melindungi badak, SANparks memindahkan beberapa hewan Kruger ke luar taman ke daerah yang lebih aman, seperti taman nasional lainnya upaya yang telah terhenti selama bertahun-tahun karena wabah tuberkulosis di antara badak.

Badak Dehorning Kruger, strategi anti-perburuan umum di taman pribadi yang lebih kecil di Afrika Selatan, akan sangat mahal. Dibutuhkan helikopter, dokter hewan yang terampil, dan biayanya antara $ 600 dan $ 1.000 per badak, kata Fowlds, dan ini bukan biaya sekali pakai karena cula tumbuh kembali setiap beberapa tahun. (Cula badak terbuat dari keratin — zat yang sama seperti kuku jadi dehorning, jika dilakukan dengan benar, tidak melukai hewan.)

Hambatan di depan SANparks menyebut korupsi internal sebagai “momok” dan mengatakan itu “sangat berdampak pada staf dan operasi anti-perburuan, serta reputasi SANParks.”

“Geng pemburu jelas dapat menyusup ke pasukan penjaga hutan di Kruger — dan taman serta cagar alam lainnya — sebagaimana dibuktikan dengan penangkapan,” kata Cathy Dean, CEO Save the Rhino International, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di London.

Selama tahun 2020, 394 badak diburu di taman negara, sebagian besar di Kruger. Penguncian virus korona tahun 2020 pada awalnya menghambat perjalanan di sekitar taman, mengurangi perburuan. Tetapi ketika pembatasan itu dilonggarkan, perburuan meningkat, terutama selama bulan Desember, menurut departemen lingkungan, kehutanan, dan perikanan Afrika Selatan.

Tahun lalu, 66 tersangka pemburu badak ditangkap di Kruger, dan 90 karena perburuan dan perdagangan cula badak di luar taman. Tapi, kata Knight, penuntutan kemungkinan akan diperlambat karena penutupan kontroversial Pengadilan Regional Skukuza, “pengadilan badak,” yang terletak di dalam Kruger. Skukuza dikenal karena tingkat hukumannya yang tinggi terhadap para pemburu dan hukuman penjara yang berat.

Baca Juga :  Pengabdian Seorang Dosen FK UMI

Meskipun 303 badak yang diburu di Kruger dari April 2019 hingga Maret 2020 lebih sedikit dari yang diperkirakan 500 SANparks selama periode itu, dan penurunan hampir 22 persen dari tahun fiskal sebelumnya, Fowlds tidak optimis. “Jumlah badak yang bisa dibunuh,” katanya, jadi lebih sulit bagi pemburu untuk menemukannya.

Tanggapan Informasi ini Menurut Anda Gimana ?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Ruang Kata
Ruang Kata adalah Portal Web Berita dan Artikel daring.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Lifestyle